Translate

Cara Membuat Empek-Empek Sutra Lezat Dan Empuk


pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Siapa yang tidak tahu serta menganal salah satu cemilan yang khas dari kota palembang ini. Ya, yaitu empek-empek palembang memang sangat terkenal sekali sebab rasanya yang enak dan juga lezat. tidak cuman dikota besar, namun dikota kecil bahkan sampai kepelosok gang-gang kampung juga dengan gampang dapat kita jumpai penjual cemilan tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat empek-empek sutra. Bagi yang belum tahu, Resep empek-empek sutra tersebut adalah salah satu resep variasi terbaru dengan tekstur yang lembut serta rasanya yang lebih enak. jika dilihat dari bentuknya sih sama tidak berbeda, cuman bahan serta bumbu-bumbu yang dipakai sedikit berbeda sehingga tercipta tekstur rasa resep empek-empek yang lebih empuk dan juga lezat daripada yang biasanya.

Seperti juga dengan empek-empek palembang lenjer atau yang lainnya. resep kali ini pula dapat dimodifikasi sendiri sesuai dengan citarasa yang anda inginkan. Pada umumnya sih memang resep empek-empek sutra palembang ini memakai ikan tenggiri sebagai ciri khasnya. namun jika memang persediaan ikan tenggiri sedang kosong difreezer atau memang agak sulit mencarinya dapat diganti pula dengan udang. daging sapi, maupun daging ayam. Yang penting komposisi bahan yang lainnya. misalnya seperti tepung, telur serta bumbu empek-empek lainnya sama. Untuk cara membuat empek-empek sutra tersebut mirip sekali bahkan dapat dikatakan sama seperti kita membuat jenis makanan palembang lainnya.

Apabila anda telah pernah membuat empek-empek lenjer khas palembang tentu tidak akan kesusahan untuk membuat empek-empek sutra tersebut. bahan-bahan yang dipakai untuk membuat empek-empek sutra tersebut juga bisa dibilang sama, cuman mungkin komposisi serta perbandingan jumlah tepung terigu, tepung tapioka serta tepung sagu lainnya yang sedikit berbeda (dianjurkan untuk menggunakan tepung sagu tani agar lebih enak dan juga empuk). bagi resep yang akan kita olah kali ini perbandingan antara kedua bahan pokok ini jumlahnya sama sehingga tekstur serta tahap kekenyalannya lebih empuk serta rasanya lebih nikmat daripada resep biasanya.

Mungkin ada diantara beberapa kerabat atau anggota keluarga yang tidak menyukai aroma dari ikan tenggiri atau malah alergi dengan resep masakan ikan, maka ikan yang dipakai juga dapat diganti dengan udang, daging ayam, maupun daging sapi. meskipun berbeda dengan resep aslinya, anda tidak usah khawatir dengan kualitas serta rasa yang diperoleh akan sama-sama enak dan membuat ketagihan. pasti saja selain membuat resep empek-empek sutranya, untuk memperoleh makanan khas palembang yang enak dan juga lezat pula memerlukan saus cuka atau biasa disebut dengan saus cuko yang enak serta pas rasanya. bagi anda yang sudah tidak sabar, ingin tahu resep cara memasak empek-empek sutra, langsung saja kita simak resep empek-empek sutra berikut dibawah ini.

Resep Empek-Empek Sutra
Cara Membuat Empek-Empek Sutra Lezat Dan Empuk, resep empek-empek sutra yang enak, cara bikin empek-empek yang nikmat

Bahan-Bahan Untuk Bikin Empek-Empek Sutra Yang Enak:
  • Sediakan ikan tenggiri yang sudah difillet sekitar 1 ekor, setelah itu bersihkan dan potong kecil-kecil agar gampang ketika dihaluskan nanti, dapat pula diganti dengan daging ayam, daging sapi, atau udang.
  • Sediakan tepung terigu yang telah diayak sekitar 1 gelas.
  • Sediakan tepung sagu tani/tepung tapioka yang telah diayak sekitar 1 gelas.
  • Sediakan bawang puith 5 siung, lalu haluskan.
  • Sediakan garam 2 sdt, atau sesuai selera.
  • Sediakan tepur ayam 2 butir.
  • Sediakan daun bawang secukupnya, lalu cincang halus.
  • Sediakan air bersih sesuai selera.
  • Sediakan kaldu untuk memperkuat rasa sesuai selera.
Cara Membuat Empek-Empek Sutra Yang Nikmat:
  1. Haluskanlah fillet ikan, daging, ayam, maupun udang. yang akan digunakan bersama dengan air matang sesuai kebutuhan. dapat memakai blender dengan dikasih sedikit air agar gampang.
  2. Sediakan wadah yang lumayan besar untuk adonan setelah itu ikan yang telah diblender tadi dimasukan dan tambahkan garam, telur ayam, air sekitar 1 gelas, serta daun bawang yang telah dicincang halus lalu aduk-aduk hingga rata.
  3. Masukkan tepung sagu dan juga tepung terigu sedikit-sedikit hingga tercampur rata dan juga tidak ada gumpalan-gumpalan tepung. jika kurang dapat ditambahkan sedikit air, namun ingat jangan sampai terlalu encer, ( tekstur yang bagus/benar tidak terlalu cair).
  4. Ambilah 1 bungkus plastik es dan masukkanlah adonan kedalamnya lalu tutup dengan rapat. jangan lupa beri sedikit ruang sebab nanti adonannya akan sedikit mengembang.
  5. Sediakan kukusan dan kukuslah adonan empek-empek hingga benar-benar matang atau kurang lebih sekitar 20 menit hingga 25 menit saja. dapat juga direbus dengan air yang mendidih hingga matang.
Bahan-Bahan Serta Cara Bikin Saus Cuka/cuko Empek-Empek  Khas Palembang:
Bahan:
  • Sediakan Gula merah sekitar 130 gram atau 5 sdm gula merah yang sudah disisir.
  • Sediakan bawang putih 5 siung. lalu potong-potong agar gampang ketika nanti diuleg.
  • Sediakan asam jawa 2 sdt.
  • Sediakan cabe merah sekitar 8-11 buah, atau sesuai selera.
  • Sediakan gula pasir 1 sdm.
  • Sediakan garam secukupnya.
  • Sediakan air bersih yang matang untuk bahan campuran sesuai kebutuhan.
Cara Membuat: 
  1. Haluskanlah bawang putih yang sudah dipotong-potong tadi bersama dengan cabe rawit, gula pasir, sesuai kebutuhan serta garam sesuai selera hingga halus dan juga rata.
  2. Sediakan panci ukuran sedang serta kasih air bersih sesuai selera dan masak hingga mendidih.
  3. Masukan bahan yang telah diuleg halus diatas kedalam panci, setelah itu tambahkan gula merah yang telah disisir halus serta asam jawa.
  4. Aduk-aduk dan masak hingga airnya sedikit berkurang atau sekitar 30 menit.
  5. Matikan kompornya dan saring agar kotoran yang mungkin menempel dari gula merahnya serta ampas lainnya hilang.
Nah, bagaimana? gampang sekali bukan resep cara bikin empek-empek sutra ini? anda tinggal memotong empek-empek sutranya sesuai dengan selera lalu goreng hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan, masukan kedalam mangkuk lalu siram dengan saus cuko serta beberapa rajangan timun agar lebih lezat serta menarik selera. meskipun resep empek-empek sutra tersebut belum begitu terkenal, namun jika masalah rasa makanan ini tidak kalah enaknya dengan empek-empek aslinya. Mungkin cuman itu resep cara membuat empek-empek sutra yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semua.
Nama Anda
New Johny WussUpdated: 9:50 AM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Resep Terpopular

Powered by Blogger.